Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berlomba Selesaikan PMM

Pendidikan Indonesia per 2022 secara serentak berganti kurikulum pembelajaran, yaitu IKM, Implementasi Kurikulum Merdeka. Ada beberapa pilihan dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka, yaitu merdeka belajar, merdeka berubah, dan merdeka berbagi. Setiap sekolah berhak memilih bagian mana yang akan diambil dalam implementasi kurikulum merdeka. Tiap pilihan memiliki konsekuensi masing-masing.

SMAN 3 Slawi memilih merdeka berubah atau pilihan kedua. Konsekuensi ini mengharuskan SMAN 3 Slawi melaksanakan IKM pada jenjang kelas X dengan menggunakan perangkat yang sudah ada, melakukan modifikasi, atau menyusun sendiri sesuai panduan.

Selain melaksanakan IKM pada jenjang kelas X, setiap pendidik dan tenaga kependidikan wajib login ke aplikasi PMM (Platform Merdeka Mengajar) menggunakan akun belajar.id yang telah didaftarkan oleh operator sekolah. Setelah masuk, setiap pendidik dan tenaga pendidikan menonton video, membaca materi, mengerjakan post test, dan melakukan aksi nyata untuk diunggah.

Kegiatan login di SMAN 3 Slawi diawali secara serentak di Laboratorium Komputer. Selanjutnya kegiatan dilakukan mandiri mengingay topik yang harus diselesaikan berjumlah 11 topik dengan total 44 video.

Melalui PMM, diharapkan seluruh pendidik dan tenaga kependidikan benar-benar siap mengimplementasikan kurikulum merdeka di sekolah. Dengan demikian, pelayanan kurikulum terhadap siswa, khususnya kelas X akan terlaksana dengan optimal.

Editor : Super Admin

Related Posts