PPPKS, Sarana Evaluasi Bagi Tumbuhkembang SMAN 3 Slawi

Kamis (17/11) diselenggarakan PPKKS, Penilaian Prestasi Kinerja Kepala Sekolah. PPKKS merupakan sarana penilaian bagi kepala sekolah terkait tugas pokok dan fungsinya dalam menjalankan roda pelayanan kependidikan di sekolah. Tim asesor dalam PPKS terdiri atas pengawas pembina SMA.

SMAN 3 Slawi terjadwal dilakukan PPKKS pada Kamis, 17 November 2022 dengan tim asesor yaitu Bpk Budi Raharjo, S.Pd., M.Pd. dan Bpk Sapto Wijatmoko, S.Pd., M.Pd. Adapun pelaksanaan PPKKS dipusatkan di Lantai 2 Perpustakaan.

Sebelum pelaksanaan PPKKS, tim asesor disuguhi tampilan karya siswa di hall sekolah. Tampilan ini beragam, baik karya berupa benda maupun tampilan langsung berupa performance dari masing-masing siswa. Bentuk tampilan benda dapat berupa hasil karya dua dimensi maupun tiga dimensi. Tiap siswa baik kelas ataupun ekstrakurikuler menampilkan hasil karya, baik prestasi, kreasi, maupun inovasi.

Bentuk tampilan nonbenda berupa tampilan siswa membaca puisi 3 bahasa, berpantun, speech, menari, dan menyanyi. Suguhan ini diharapkan dapat memberi kesan pertama yang baik berkenaan dengan pelaksanaan pembelajaran di SMAN 3 Slawi. Melalui suguhan tersebut menunjukkan bahwa siswa dapat menyalurkan dan mengembangkan bakat, minat, serta potensi yang dimiliki.

Setelah suguhan di hall, tim asesor diarahkan naik ke Perpustakaan lantai 2 untuk melakukan penilaian. Dewan guru dan karyawan telah sedia mengikuti PPKKS di lantai 2. Selaku pewara PPKKS yaitu Ibu Maulida Azkiya Rahmawati, S.Pd., guru Bahasa Indonesia.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan dirigen Ibu Naji Khatusysyarifah, S.Pd. dilanjutkan sambutan. Sambutan pertama dari tuan rumah. Bpk Masduki, S.Pd., M.Pd. selaku kepala sekolah menyampaikan sambutan dan ucapan selamat datang kepada tim asesor. Selama sambutan, beliau menyampaikan jika segala berkas penilaian dari 155 instrumen telah siap untuk dinilai baik melalui berkas cetak maupun file yang sudah diunggah melalui google form.

Sambutan kedua dari perwakilan tim asesor. Selaku perwakilan tim asesor, Bpk Budi Raharjo, S.Pd., M.Pd. menyampaikan sambutan. Beliau berterima kasih atas sambutan yang diberikan. Selain itu, beliau menyampaikan pesan dari Kacabdin dan Kasi SMA yang berhalangan hadir. Dalam sambutannya beliau yakin pihak SMAN 3 Slawi telah menyiapkan segala berkas yang dibutuhkan untuk penilaian.

Acara setelah sambutan ialah paparan kepala sekolah berkaitan dengan program kerja sekolah. Beliau menyampaikan program yang direncanakan dan perkembangannya serta capaian yang telah diraih.

Acara terakhir ialah penilaian oleh tim asesor. Tiap bidang diminta tetap di lantai 2 untuk mengikuti PPKKS.

Editor : Super Admin

Related Posts