Halal Bihalal Keluarga SMAN 3 Slawi

Senin, 9 Mei 2022 merupakan hari pertama masuk sekolah setelah libur lebaran Iedul Fitri 1443 H. SMAN 3 Slawi memanfaatkan momen hari pertama sekolah untuk halal bihalal antarwarga sekolah bersama komite dan darma wanita SMAN 3 Slawi.

Kegiatan diawali dengan apel pagi yang diikuti seluruh warga sekolah. Pukul 07.00 WIB, segenap warga sekolah baik dewan guru, TU, maupun siswa kelas X dan XI berkumpul di lapangan upacara untuk mengikuti apel pagi. Berdiri sebagai pembina apel beliau Bapak Kepala SMAN 3 Slawi, Bpk. Masduki, S.Pd., M.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan beberapa informasi kepada segenap siswa. Pertama, informasi berkaitan kegiatan hari Senin. Beliau menyampaikan bahwa siswa berangkat untuk mengikuti apel pagi, halal bihalal dengan dewan guru dan karyawan, pembinaan dari wali kelas dilanjutkan bersih-bersih kelas guna persiapan KBM. Kedua, informasi bahwa KBM per Selasa, 10 Mei 2022 akan dilakukan secara tatap muka 100% dan terjadwal dari pukul 07.00-15.30 WIB. Dengan demikian, beliau berpesan agar segenap siswa menginformasikan kepada orangtua terkait hal ini agar orangtua dapat mengawal persiapan dan perbekalan siswa.

Ketiga, kalender akademik sekolah berkaitan dengan Penilaian Akhir Tahun (PAT). PAT akan dilaksanakan tgl 23 Mei secara hybrid, yaitu daring dan luring. Besar harapan beliau, segenal siswa dapat menpersiapkan diri sebaik mungkin.

Kegiatan apel ditutup dengan halal bihalal segenap siswa bersama dewan guru dan karyawan di lapangan. Secara teknis, siswa menyambangi segenap guru dan karyawan untuk saling maaf-memaafkan. Selanjutnya siswa masuk kelas untuk menerima pembinaan dari wali kelas dilanjutkan bersih-bersih kelas. Segenap siswa dipulangkan pukul 09.00 WIB.

Bagi dewan guru, karyawan, komite, dan darma wanita dilanjutkan mengikuti halal bihalal di aula sekolah sekaligus pelepasan guru yang purna tugas. Adapun guru yang purna tugas yaitu, Drs. Sustiyono, Drs. Munaseh, Muhammad Budi Prayitna, S.Pd. Kegiatan diikuti oleh keluarga besar dewan guru dan karyawan. Selaku pembicara dalam halal bihalal yaitu Ust. Affan Muzakki, Pimpinan Pondok Pesantren Agro Buisnis Raja Kaya, Timbangreja, Lebaksiu, Kab. Tegal.

Kepala SMAN 3 Slawi dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas jasa guru yang purna tugas. Selain itu beliau menyampaikan mohon maaf dann memaafkan segala salah baik lahir maupun batin atas nama pribadi dan keluarga SMAN 3 Slawi.

Mewakili guru yang purna tugas, beliau Bpk. Drs. Munaseh menyampaikan kesan dan pesan selama menjadi bagian dari keluarga SMAN 3 Slawi. Dalam kesan dan pesannya, beliau menyampaikan maaf karena pasti ada friksi atau gesekan selama bertugas. Selain itu, beliau mengkritisi salah satu lirik lagu Himne SMAN 3 Slawi, yaitu "SMAN 3 Slawi menunjukkan jalan kita" agar direvisi karena termasuk bentuk kesombongan dalam konteks berbahasa. Kesan dan pesan diakhiri dengan pembacaan puisi dengan rima akhir yang senada.

Acara dilanjutkan dengan pemberian Sekapur Sirih oleh Bpk. Masduki, S.Pd., M.Pd. kepada guru yang purna tugas. Beliau menyampaikan bahwa guru yang purna tugas tetap menjadi bagian dari keluarga. Usai acara tersebut, dilakukan pemberian cinderamata oleh pihak sekolah kepada guru yang purna tugas.

Acara inti disampaikan oleh Ust. Affan Muzakki. Beliau menyampaikan materi berkaitan dengan salawat kepada Nabi Muhammad SAW, keutamaan berpuasa. Serangkaian acara halal bihalal selesai pukul 12.30 WIB ditandai dengan pembacaan doa oleh pembicara.

Editor : Super Admin

Related Posts