SMAN 3 Slawi Menjadi Tempat ANBK bagi SLB Manunggal Slawi

ANBK atau Asesmen Nasional Berbasis Komputer merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan memetakan persebaran kualitas pendidikan di Indonesia. Cara yang dilakukan ialah dengan memberikan instrumen soal kepada warga sekolah baik pendidik maupun peserta didik. Setiap pendidik di satuan pendidikan wajib mengikuti ANBK, namun untuk peserta didik diikuti oleh perwakilan sekolah yang dipilih secara acak oleh pihak Pusmenjar Kemdikbud.

SMAN 3 Slawi merupakan salah satu sekolah di Kabupaten Tegal yang melaksanakan ANBK secara mandiri. Selain itu, SMAN 3 Slawi juga menerima sekolah lain untuk mengikuti ANBK dengan sarana milik sekolah. Salah satu sekolah yang mengikuti ANBK di SMAN 3 Slawi ialah SLB Manunggal Slawi.

SLB Manunggal Slawi dari tingkat SMP hingga SMA mengikuti ANBK dari laboratorium komputer di SMAN 3 Slawi. Sekolah-sekolah yang ditunjuk sebagai sekolah pembantu sudah didasarkan atas keputusan bersama pihak dinas pendidikan dan kebudayaan serta kerjasama dengan MKKS Kabupaten Tegal.

Jumlah soal yang wajib dikerjakan peserta didik terdiri atas 4 jenis, yaitu ; literasi, numerasi, survei lingkungan belajar, dan survei karakter. Selama proses pengerjaan ANBK di SMAN 3 Slawi, peserta didik dari SLB Manunggal Slawi didampingi oleh pendidik dari sekolah bersangkutan. Hal ini disebabkan pemenuhan kebutuhan pendampingan peserta didik yang berbeda dengan peserta didik di sekolah biasa. Diharapkan pelaksanaan ANBK tahun ini dapat menjadi salah satu indikator penentuan kualitas pendidikan di seluruh sebaran instansi pendidikan di Indonesia.

Editor : Super Admin

Related Posts