29 Maret; Pengumuman SNMPTN

Ada banyak pintu masuk menuju perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Salah satu pintu masuk perguruan tinggi negeri (PTN) ialah melalui jalur pemeringkatan nilai kognitif rapor semester 1-5 atau biasa disebut SNMPTN. SNMPTN dikelola oleh lembaga bernama LTMPT yang menaungi seluruh kampus negeri di Indonesia.

Masuk melalui SNMPTN pun memiliki syarat dan ketentuan, baik bagi sekolah maupun bagi siswa. Bagi sekolah, prosentase siswa yang mendaftar bergantung pada akreditasi sekolah. SMA Negeri 3 Slawi yang notabene memiliki akreditasi A berhak mendaftarkan 40% dari masing-masing peminatan (MIPA-IPS).

Selasa, 29 Maret 2022 pukul 15.00 WIB merupakan pengumuman siswa yang lolos dan tidak lolos masuk PTN melalui jalur SNMPTN. Berdasarkan rekapitulasi BK SMA Negeri 3 Slawi, terdapat 22 siswa SMA Negeri 3 Slawi yang berhasil masuk PTN.

Adapun rincian PTN yang berhasil dimasuki yaitu; 2 ke ITB, 1 ke IPB, 3 ke UNDIP, 1 ke UNY, 1 ke Unsoed, 14 ke Unnes. Capaian tahun ini dinilai lebih baik dari tahun sebelumnya karena adanya peningkatan jumlah siswa yang lolos dan ada 2 siswa yang berhasil masuk salah satu kampus riset terbaik di negeri ini.

Ditambah lagi, 2 siswa yang masuk ke ITB merupakan siswa dari kelas pilihan, yaitu kelas 2 tahun dan 2,5 tahun. Kelas 2 tahun terdapat siswa atas nama Ade Effendi Darmanto yang berhasil masuk ke FTTM (Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan) ITB kampus Cirebon. Kelas 2,5 tahun terdapat siswa atas nama Yusuf Yonisal Sabila yang berhasil masuk ke Sekolah Ilmu dan Tekno Hayati-Program Rekayasa ITB.

Hal ini memberi angin segar pada sekolah bahwa SMA Negeri 3 Slawi dapat masuk ke kampus terbaik di luar regional melalui jalur nilai rapor. Harapan besar sekolah, capaian ini dapat memotivasi warga sekolah untuk terus melakukan perbaikan dan peningkatan prestasi agar menjadi lebih baik lagi.

Editor : Super Admin

Related Posts