In House Training (IHT) Bedah Kurikulum Merdeka Bagi Guru SMAN 3 Slawi

SMAN 3 Slawi menyelenggarakan IHT dalam rangka Bedah Kurikulum Merdeka dengan menghadirkan narasumber dari dalam dan luar instansi. Selaku pemateri dari luar, beliau Ibu Sri Ningsih, M.Pd. selaku Kepala SMAN 2 Kota Tegal, salah satu sekolah penggerak di wilayah Jawa Tengah. Adapun pembicara dari dalam ialah pihak kurikulum sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu-Kamis, 9-10 Maret 2022. Kegiatan ini diperuntukan bagi seluruh pendidik dan tenaga kependidikan SMAN 3 Slawi guna memberikan pemahaman awal terkait kurikulum merdeka dan bagaimana implementasinya pada sekolah penggerak.

IHT dibuka secara langsung oleh Kepala SMAN 3 Slawi, Bapak Masduki, S.Pd., M.Pd. Beliau memberi arahan terkait persiapan SMAN 3 Slawi untuk menjadi bagian dari sekolah penggerak.

Materi hari pertama diisi oleh Ibu Sri Ningsih, M.Pd. terkait bedah kurikulum merdeka dan gambaran pelaksanaan sekolah penggerak yang telah dilaksanakan di SMAN 2 Tegal.

Selama paparan materi, peserta antusia mengikuti. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang muncul untuk diajukan kepada narasumber. Ibu Sri selaku pemateri juga menjelaskan dengan kontekstual, yaitu mengkolaborasikan antara teori kebijakan pusat dengan pengalaman yang beliau alami di SMAN 2 Tegal.

Paparan materi disampaikan secara runtut dan terperinci dari mulai kebijakan pusat hingga implementasi pada perangkat kurikulum merdeka di sekolah penggerak. Beliau menyampaikan bahwa intinya hampir sama dengan kurikulum 2013. Dengan demikian, harusnya setiap guru telah siap untuk menerapkan kurikulum merdeka di tiap sekolah masing-masing baik ditunjuk maupun secara mandiri.

Harapannya kegiatan ini dapat dijadikan bekal awal bagi guru terkait kurikulum merdeka dan implementasinya dalam sekolah penggerak. Selain itu, dapat juga dijadikan persiapan bagi sekolah untuk menentukan kebijakan kurikulum selanjutnya bagi sekolah untuk tahun ajaran baru.

Editor : Super Admin

Related Posts