Ujian Sekolah Salah Satu Penentu Kelulusan

Tertanggal 28 Maret 2022 hingga 8 April 2022, peserta didik jelas XII se-Kabupaten Tegal mengikuti Ujian Sekolah di satuan pendidikan masing-masing. Ujian Sekolah merupakan salah satu syarat kelulusan bagi setiap peserta didik kelas XII.

SMA Negeri 3 Slawi merupakan salah satu penyelenggara Ujian Sekolah pada tanggal tersebut. Terdaftar sebagai peserta US sejumlah 176 siswa MIPA dan 144 siswa IPS. Penetapan jadwal US dilakukan melalui MKKS Kabupaten Tegal, sedangkan penyusunan soal diserahkan kepada masing-masing MGMP.

Pelaksanaan US terjadwal 2 mata pelajaran yang diujikan dalam sehari dengan alokasi waktu 2 x 60 menit tiap mata pelajaran. Apabila peserta US berhalangan mengikuti US Utama, mereka dapat mengikuti US Susulan yang telah disusun jadwalnya.

Adapun syarat mengikuti US Susulan ialah apabila peserta US berhalangan dibuktikan dengan surat keterangan sakit dari dokter atau surat keterangan orangtua bermaterai yang menerangkan bahwa peserta US tersebut memang tidak dapat mengikuti US ketika US hari itu dilaksanakan. Hal ini dilakukan guna memberi ketegasan kepada segenap peserta US untuk dapat mematuhi aturan dan mengikuti US Utama sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Perangkat US juga harus selesai sebelum pelaksanaan US dilakukan, seperti ; POS US, kebenaran data peserta US, dan administrasi pendukung dalam pelaksanaan US. Selain itu, setiap soal yang akan diujikan juga harus melalui verifikasi yang dilakukan oleh tim verifikasi yanh ditunjuk kepala sekolah dan tim kurikulum. Dengan demikian, rangkaian pelaksanaan US dapat dinyatakan lengkap dan siap.

Editor : Super Admin

Related Posts