Sekolah Di SMA Dengan Sistem SKS Bikin Lo Lebih Cepet Lulus!

Sekolah Di SMA Dengan Sistem SKS Bikin Lo Lebih Cepet Lulus!

Sebagian dari kalian mungkin masih asing dengan istilah Sistem Kredit Semester (SKS). Jelas aja, SKS emang lebih dikenal di ranah perkuliahan. Namun, sejak beberapa tahun yang lalu, Kementrian Pendidikan Nasional mulai merancang sistem SKS untuk diterapkan pada sekolah menengah atas (SMA) di Indonesia.
SKS sendiri adalah sistem penyelenggaraan program pendidikan yang membebaskan murid untuk bisa menentukan sendiri berapa banyak beban belajar yang akan diikuti tiap semesternya. Berbeda dengan kurikulumbiasa, yang masih memberikan keleluasaan pada sekolah untuk merancang beban belajar yang akan diberikan pada siswanya. Biasanya beban belajar ini sudah terprogram dari tahun ke tahun.
Pengelolaan dari sistem SKS ini sebenarnya dibebaskan pada sekolah masing-masing. Namun, pada umumnya sistem SKS ini para siswa di awal semester akan diberikan Kartu Rencana Studi (KRS), seperti halnya yang dialami mahasiswa. Setelahnya, siswa akan dibebaskan untuk mengatur KRS sesuai dengan kemampuan mereka. Mau berapa mata pelajaran yang ia ambil untuk semester tersebut.
Di awal masuk sekolah, siswa akan diberikan KRS paket. Kemudian sesuai dengan hasil indeks prestasi (IP) yang diperoleh pada semester pertama, akan mempengaruhi seberapa banyak mata pelajaran yang bisa siswa tersebut ambil di semester kedua. 

Editor : Super Admin

Related Posts