PMI KAB TEGAL MENGADAKAN DONOR DARAH DI SMAN 3 SLAWI

Rabu, 21 September 2022 PMI Kabupaten Tegal mengadakan kegiatan donor darah di SMAN 3 Slawi. Kegiatan ini dimulai pukul 10.00, yang bertempat di Hall sekolah. Banyak siswa SMAN 3 Slawi yang antusias dengan adanya kegiatan donor darah ini. Peserta donor darah didominasi oleh kelas 11 dan 12.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum melakukan donor darah. Persyaratan tersebut antara lain; sehat jasmani dan rohani, tidak sedang mengonsumsi obat-obatan, tekanan darah harus normal, kadar hemoglobin harus di atas 12.5, berusia minimal 17 tahun, dan berat badan minimal 45 kilogram.

Setelah memenuhi syarat tersebut, ada beberapa tahapan dalam mendonorkan darah :
- mengisi formulir dan mengisi beberapa pertanyaan;
- skrining awal, yaitu tensi tekanan darah dan mengecek kadar hemoglobin;
- menuju tempat pendonoran darah dan melakukan pendonoran;
- setelah mendonorkan darah, kemudian pemulihan selama 5 menit.

Sebanyak 32 pendonor mendonorkan darahnya. Padahal, menurut Aji Firmansyah selaku petugas PMI, target awal sebanyak 30 pendonor.

Sasaran untuk pendonoran darah tidak hanya di SMA. Namun ada juga dari instansi pemerintahan, swasta, dan organisasi masyarakat.

Tujuan diadakannya kegiatan ini untuk memenuhi kebutuhan darah di rumah sakit dan bank darah rumah sakit se-Kabupaten Tegal yang membutuhkan darah. Biasanya, dalam satu bulan membutuhkan kurang lebih 1500 kantong darah. Darah dengan golongan O yang paling banyak dibutuhkan setiap bulannya. (Ara)

Editor : Super Admin

Related Posts