Puskesmas Gandeng Posbindu Selenggarakan GRES; Gerakan Remaja Sehat

Selasa (7/2) telah dilakukan kegiatan GRES; Gerakan Remaja Sehat. GRES merupakan salah satu program kerja Puskesmas untuk melakukan penjaringan kesehatan dan pengecekan anemia pada siswa. SMAN 3 Slawi merupakan salah satu sekolah yang disasar program ini.

Selama pelaksanaan, pihak Puskesmas dibantu oleh Posbindu yang berada di bawah binaan Puskesmas Slawi. Penjaringan kesehatan dilakukan oleh Posbindu untuk setiap siswa baik kelas X, XI, maupun XII. Untuk pengecekan anemia hanya dilakukan pada siswa putri kelas X.

Teknis pelaksanaan kegiatan GRES di SMAN 3 Slawi dilakukan di dua tempat, aula sekolah dan ruang kelas. Kegiatan di aula diikuti oleh kelas X, sedangkan kelas XI dan XII dilakukan secara door to door di ruang kelas masing-masing. Pembagian teknis yang berbeda dilakukan guna mengefektifkan waktu penjaringan kesehatan.

Khusus kelas X dilakukan pengecekan anemia yang bertujuan untuk mengetahui kadar hemoglobin dalam darah. Apabila ditemukan siswa dengan kadar hemoglobin rendah, akan diberikan rekomendasi oleh pihak Puskesmas.

Kegiatan GRES merupakan program rutin yang bertujuan untuk mendata kesehatan fisik siswa. Melalui penjaringan kesehatan dan pengecekan anemia juga dapat menjadi catatan kesehatan siswa yang berguna bagi sekolah. Catatan ini dapat digunakan untuk melakukan antisipasi terkait pengawasan terhadap kesehatan siswa di sekolah.

Editor : Super Admin

Related Posts