Dinas P3AP2 dan KB Kab. Tegal Sosialisasikan Sekolah Siaga Kependudukan

Senin (21/8) telah terlaksana kegiatan Sosialisasi Sekolah Siaga Kependudukan. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas P3AP2KB Kab. Tegal di Perpustakaan Lantai 2. Tujuan kegiatan ini yakni mewujudkan peserta didik yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan tentang peduli kependudukan.

Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan peserta didik berperilaku yang mencerminkan keluarga berkualitas. Hal ini dapat mulai dilakukan di rumah. Ditambah, peserta didik diharapkan memiliki pengetahuan yang utuh tentang masalah dan manfaat kependudukan setempat.

Lebih luas lagi, diharapkan peserta didik mampu menyajikan data mikro kependudukan dalam bentuk peta, grafik, atau digital untuk dianalisa sederhana serta mengurangi drop out (putus sekolah) dan kasus lainnya yang banyak terjadi di sekolah. Adapun bagi pendidik diharapkan memahami akan manfaat dan dampak dari kependudukan.

Selama acara terdapat 3 pemateri. Pemateri pertama, Ibu Intan Pramushinta, S.Pd., M.Or. selaku Waka Humas SMAN 3 Slawi. Beliau menyampaikan materi mengenai Dinamika Kependudukan. Materi ini seputar bonus demografi dan generasi emas Indonesia tahun 2045.

Materi kedua disajikan oleh Dr. Bening Priambudi, M.M., Kabid Pengendalian Penduduk dan Keluarga Sejahtera di P3AP2KB Kab. Tegal. Beliau memaparkan materi tentang Kesehatan Reproduksi Remaja yang Sehat dan Bertanggung Jawab.

Materi ketiga sebagai penutup disajikan oleh Ibu Cecilia Sri Rahayu, S.KM., M.Kes. dari Dinas P3AP2 dan KB Kab. Tegal. Materi yang disajikan seputar Program Penurunan Percepatan Stunting. Hal ini menjadi penting mengingat Kab. Tegal merupakan salah satu kabupaten dengan kasus stunting tertinggi di Provinsi Jawa Tengah.

Editor : Super Admin

Related Posts