P5 Tema Kewirausahaan, SMAN 3 Slawi Gandeng Universitas Bhamada Slawi

Senin (8/5) telah terlaksana pembukaan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) untuk P5 tema yang ketiga. Adapun tema ketiga yang diambil ialah Kewirausahaan. Pihak sekolah menggandeng Jurusan Kewirausahaan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bhamada Slawi.

Hal ini bermula dari informasi yang didapat berkaitan dengan program Kampus Mengajar sebagai salah satu implementasi kurikulum merdeka di perguruan tinggi. Universitas Bhamada Slawi merupakan salah satu kampus yang baru membuka Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan Jurusan Kewirausahaan. Dengan demikian, jurusan ini memiliki peluang untuk menjalankan program Kampus Mengajar dengan turun ke sekolah-sekolah memberikan materi terkait kewirausahaan.

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Kepala SMAN 3 Slawi dan Rektor Universitas Bhamada Slawi disertai penandatanganan MoU antara kedua belah pihak. Selain penandatanganan MoU, ada juga perkenalan dari pihak Bhamada. Pengenalan dimaksud untuk mengenalkan mentor dari Universitas Bhamada yang bertugas sebagai pemateri selama kegiatan P5 bersama siswa. Terdapat 7 dosen dari Universitas Bhamada yang mendampingi siswa fase E.

P5 fase E yang dibersamai oleh mentor dari Universitas Bhamada terjadwal hari Selasa dan Rabu (9-10/5) dengan pembagian ruang sbb; X1 dan X2 di Aula Perpustakaan Lantai 2, X3-X6, X9 di ruang kelas, dan X7-X8 di Aula selatan. Pembagian ini mengingat jumlah rombel di SMAN 3 Slawi dengan jumlah mentor tidak sama. Selain itu, fasilitas kelas yang berbeda juga menjadi faktor.

Selama kegiatan P5 dari pihak mentor Universitas Bhamada, wali kelas dan tim P5 berperan aktif dalam mengawasi dan membersamai siswa fase E. Hal ini bertujuan agar paparan materi berjalan lancar serta siswa fase E mengikuti dengan kondusif di kelas.

Melalui kemitraan ini diharapkan SMAN 3 Slawi dapat semakin melebarkan sayap kepercayaan dari masyarakat dan instansi lain di Kabupaten Tegal. Hal ini juga akan mempermudah dalam membantu menyukseskan program-program di SMAN 3 Slawi.

Editor : Super Admin

Related Posts