Gegap Gempita MPLS Smagawi

Senin, 17 Juli 2023 merupakan hari pertama masuk sekolah tahun ajaran 2023/2024. Selalu ada banyak hal tak terlupakan pada hari pertama sekolah, tak terkecuali bagi warga SMAN 3 Slawi. Hari pertama sekolah di SMAN 3 Slawi disuguhkan banyak kegiatan warga sekolah, baik guru dan karyawan maupun siswa.

Kegiatan pagi diawali dengan upacara dan pembukaan MPLS. Dalam upacara bendera, disajikan suguhan berupa tim pengibar bendera guna melakukan pengibaran bendera merah putih. Pengibaran bendera yang biasanya terdiri atas 3 orang dilakukan modifikasi dengan melibatkan ekstrakurikuler Paskibra. Hal ini sebagai salah satu magnet bagi siswa baru untuk memberikan pengalaman berkesan.

Berlaku sebagai pembina upacara, Bpk Masduki, S.Pd., M.Pd., Kepala SMAN 3 Slawi. Dalam amanatnya beliau memberi apresiasi bagi segenap siswa yang telah membawa harum nama sekolah dengan membawa pulang piala dan medali pada beberapa perlombaan. Selain itu, beliau juga menyampaikan selamat dan semangat pada siswa baru. "Kami menunggu torehan prestasi kalian sebagai bagian dari warga baru di SMAN 3 Slawi", paparnya.

Upacara bendera diakhiri dengan pemberian piala pada siswa yang berhasil menorehkan prestasi baru bagi sekolah, yaitu tim Pramuka dan Paskibra. Selanjutnya pembukaan MPLS siswa baru kelas X/fase E tahun ajaran 2023/2024.

Pembukaan MPLS diawali dengan penyerahan siswa baru dari perwakilan komite kepada pihak sekolah diikuti penabuhan gong dan penerbangan balon ke udara. Suasana terlihat harmoni ketika dewan guru dan karyawan ikut serta menerbangkan balon udara.

Setelah rangkaian upacara dan pembukaan MPLS selesai, kelas X diarahkan menuju Aula untuk mengikuti rangkaian MPLS dan kelas XI serta XII menyimak pembacaan pembagian kelas di lapangan upacara.

MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) pada Senin (17/07) dilaksanakan dengan rangkaian materi di ruangan dan pengenalan budaya lokal sekolah. Materi pertama dibawakan pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal. Berlaku sebagai pemateri, Ibu Sairuroh, S.KM., M.KM. Dalam paparannya beliau menjelaskan terkait bahaya narkoba dan pentingnya sarapan serta cuci tangan untuk menjaga kesehatan. Selain itu beliau menekankan bagi siswa putri untuk rutin minum tablet tambah darah untk pertumbuhan yang maksimal.

Selanjutnya materi terkait kurikulum dengan penyaji Bpk Mustofa, S.Ag. selaku wakil kepala sekolah bidang kurikulum bersama Bpk Toni Taprianto, S.Pd., Gr. selaku tim kurikulum. Penyajian dari kurikulum berkaitan dengan segala hal mengenai IKM yang akan diikuti siswa baru selama menempuh pembelajaran di SMAN 3 Slawi. Pada sesi ini juga disisipkan perkenalan antara siswa baru dengan wali kelas dari X 2 hingga X 9. Wali kelas dihadirkan untuk mengenalkan diri kepada siswa baru.

Adapun kegiatan pengenalan budaya lokal sekolah, siswa baru dipandu panitia MPLS melakukan safari sekolah dengan melihat infrastruktur sekolah. Pada kesempatan ini juga digunakan untuk siswa baru mengenal bagaimana kondisi lingkungan sekolah baik di kelas, kantin, ruang guru, perpus, dan tempat lain yang terdapat interaksi warga sekolah di dalamnya. Melalui kenampakan ini diharapkan akan memberi gambaran bagaimana menjadi bagian dari warga SMAN 3 Slawi dalam aktivitas sehari-hari. Dengan demikian, selepas MPLS, siswa baru akan benar-benar dapat beradaptasi menjadi bagian dari siswa SMA, bukan lagi siswa SMP.

Materi terakhir dalam MPLS hari pertama ialah Profil Pelajar Pancasila. Adapun berlaku sebagai penyaji, Bpk Widhi Wijayandaru, S.Pd. Dalam paparannya beliau menyampaikan bagaimana menjadi pelajar Pancasila dengan terimplementasinya karakter Pancasila dalam tindakan segenap siswa.

Editor : Super Admin

Related Posts