Puncak Apresiasi P5, SMAN 3 Slawi Selenggarakan Pagelaran

Senin (12/12), terselenggara Pagelaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Pagelaran P5 merupakan puncak P5 pada semester gasal. Kegiatan ini menjadi sarana apresiasi atas proyek yang telah dilaksanakan oleh segenap siswa kelas X.

Adapun proyek yang telah selesai dilaksanakan siswa pada semester awal terdiri atas tema Kearifan Lokal dan Gaya Hidup Berkelanjutan. Hasil yang didapat dari proyek ini pun beragam. Hal ini menyesuaikan ide dalam masing-masing tema dan bagaimana kreativitas tiap siswa.

Puncak pagelaran P5 dilaksanakan di halaman tengah sekolah sebagai pusat berkumpulnya warga sekolah. Harapannya, kegiatan ini akan diapresiasi oleh segenap warga sekolah, tidak terbatas pada siswa kelas X. Selain warga sekolah, kegiatan ini juga terbuka bagi wali siswa yang hendak menyaksikan Pagelaran P5.

Pagelaran P5 digawangi oleh unsur guru dan siswa. Unsur guru yaitu koordinator P5 dan wali kelas di bawah arahan kepala sekolah dan koordinator tata usaha, sedangkan unsur sjswa terdiri atas ketua kelompok masing-masing proyek dan perwakilan OSIS. Teknis di lapangan dilakukan oleh siswa dengan arahan guru sesuai tugasnya. Hal ini bertujuan memandirikan dan memberi pembelajaran bagi siswa bagaimana menyelenggarakan acara.

Pagelaran P5 diawali sambutan oleh ketua panitia, Cut Dea Ivana Aulia Bahri dari X2. Dalam sambutannya, siswa yang biasa dipanggil Dea ini menuturkan bahwa pagelaran ini sangat bermanfaat tidak hanya melatih kreativitas, tapi juga menguatkan profil pelajar Pancasila pada diri masing-masing siswa. Selanjutnya disampaikan sambutan oleh Kepala SMAN 3 Slawi, Bpk Masduki, S .Pd., M.Pd. Beliau memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya pagelaran P5. "Kegkataj seperti ini harus diapresiasi, mengingat pagelaran P5 seperti ini baru ada di SMAN 3 Slawi untuk Kabupaten Tegal".

Sambutan terakhir sekaligus membuka acara disampaikan oleh komite sekolah, M. Puguh Hangudiyo, S.H., M.H. "Menurut saya, SMAN 3 Slawi merupakan salah satu sekolah motivator dan percontohan sehingga acara ini terselenggara dan harapannya dpaat dicontoh sekolah lain. Sebagai orangtua murid kelas tiga, SMAN 3 Slawi makin berkembang di bawah pimpinan Blk Masduki, S.Pd., M.Pd." terang Bpk Puguh selaku Komite Sekolah ketika sambutan.

Kegiatan dibuka dengan dipotongnya pita menuju area pameran hasil karya dilanjutkan kunjungan ke tiap stand kelas. Selain pameran, acara juga diisi fashion show oleh tiap perwakilan kelas mengenakan hasil karya masing-masing kelas.

Editor : Super Admin

Related Posts