SMAN 3 Slawi Selenggarakan ANBK

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2022 diselenggarakan di berbagai satuan pendidikan dari jenjang SD/MI hingga SMA/SMK/MA/MAK. ANBK merupakan salah satu indikator dalam penentuan Rapor Mutu Pendidikan bagi satuan pendidikan. Inilah salah satu alasan pemilihan peserta ANBK dilakukan secara acak tanpa melihat latar belakang peserta didik.

Adapun untuk jenjang SMA/SMK/MA/MAK, untuk sekolah dengan akreditasi A akan diambil 45 peserta utama dan 5 peserta cadangan sebagai peserta ANBK. Peserta didik yang dipilih merupakan siswa kelas XI semua jurusan atau peminatan. SMAN 3 Slawi merupakan salah satu sekolah di Kabupaten Tegal yang mendapat akreditasi A dari BNSP. Hal ini menjadikan SMAN 3 Slawi mengharuskan mengikutkan 45 peserta utama dan 5 peserta cadangan dalam ANBK tahun 2022.

Pelaksanaan ANBK tahun 2022 jenjang SMA/SMK/MA/MAK dilakukan pada interval 29 Agustus sampai 1 September. Setiap satuan pendidikan diberikan keleluasaan untuk menentukan hari pelaksanaan dan teknis penyelenggaraan sesuai kesiapan satuan pendidikan masing-masing. SMAN 3 Slawi mendapat jadwal 31 Agustus-1 September 2022 atau bertepatan dengan hari Rabu-Kamis.

Teknis pelaksanaan ANBK di SMAN 3 Slawi terbagi ke dalam 3 ruang, yaitu Lab. Komputer, Ruang PSB, dan Lab. Multimedia. Masing-masing ruangan memuat 15 peserta ANBK. Tahun 2022, SMAN 3 Slawi juga digunakan sebagai tempat pelaksanaan ANBK bagi siswa SLB Negeri Slawi. Hal ini menjadikan dalam 1 ruangan terdiri atas siswa SMAN 3 Slawi dan siswa SLB Negeri Slawi.

Peserta ANBK utama dari SMAN 3 Slawi yang mengikuti ANBK sejumlah 43 peserta. 2 peserta lain tidak dapat mengikuti ANBK dikarenakan sakit. Dengan demikian, terdapat 2 peserta cadangan dalam pelaksanaan ANBK tahun 2022 ini.

Pelaksanaan ANBK pada hari pertama dan hari kedua berjalan lancar tanpa kendala yang berarti. Peserta juga dapat mengerjakan soal-soal yang diberikan dengan sungguh-sungguh. Harapannya pelaksanaan ANBK tahun 2022 baik dari unsur guru maupun peserta didik dapat memperbaiki nilai Rapor Mutu Pendidikan SMAN 3 Slawi agar lebih meningkat dari tahun 2021.

Editor : Super Admin

Related Posts