Launching Pojok Literasi Statistik, BPS Gandeng SMAN 3 Slawi untuk MoU

Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal tengah menggiatkan budaya literasi statistik bagi masyarakat Kabupaten Tegal, salah satunya melalui program Pojok Literasi Statistik Goes to School. Pada program ini, BPS menggandeng sekolah-sekolah di sekitar Kabupaten Tegal mengingat salah satu sasarannya ialah siswa.

SMAN 3 Slawi merupakan salah satu sekolah sasaran kegiatan Pojok Literasi Statistik. Bersamaan dengan apel pagi, pihak BPS menggandeng SMAN 3 Slawi untuk melakukan MoU. MoU dimaksudkan agar BPS dapat bermitra dengan SMAN 3 Slawi dengan fokus pada literasi statistik dan pembimbingan bibit unggul untuk masuk ke Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS).

Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan antara lain ; (a) Sosialisasi dan Motivasi STIS, (b) Paparan Pemerolehan Data melalui BPS, (c) Launching Pojok Literasi Statistik. MoU merupakan kegiatan awal untuk menjalin mitra agar kedua belah pihak dapat melakukan kerjasama saling menguntungkan.

Kegiatan Pojok Literasi Statistik Goes to School merupakan program unggulan yang akan dilakukan pada Mei 2024-Mei 2025 antara pihak BPS dan SMAN 3 Slawi. Kegiatan ini bertujuan memberikan layanan literasi data di salah satu sudut perpustakaan sekolah. Setiap bulan akan ada pihak BPS yang berjaga di perpustakaan untuk memberi pelayanan literasi statistik.

Layanan yang diberikan tidak hanya membaca buku atau data, namun juga konseling terkait pengambilan dan pengolahan data.

Melalui kerjasama dengan BPS diharapkan siswa memiliki ketertarikan dengan pengelolaan data. Selain itu, dapat mempermudah civitas akademika di SMAN 3 Slawi berkaitan dengan pengumpulan dan pengelolaan data.

Editor : Super Admin

Related Posts