MELALUI P5 SMA N 3 SLAWI BERPESTA DEMOKRASI DALAM PEMILIHAN KETUA OSIS DAN MPK

SMAN 3 Slawi, pada Senin, 17 Oktober 2022 telah dilaksanakan kegiatan pemilihan ketua OSIS dan MPK masa bakti 2022-2023. Kegiatan yang dilaksanakan sebagai momen tahunan pergantian kepengurusan OSIS dan MPK tersebut menjadi berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun ini kegiatan tersebut dikolaborasikan dengan kegiatan penguatan projek profil pelajar pancasila serta mengawali system pilihan secara blendded. Diusung pemilihan secara demokratis memberikan ruang kepada peserta didik untuk menumbuhkan sikap demokratis dan bertanggung-jawab dengan menerapkan asas demokratis yang LUBERJURDIL (langsung, umum, bebas dan rahasia, jujur dan adil) dalam menyampaikan aspirasi dan pilihan hati nurani terhadap kandidat pasangan calon ketua OSIS dan MPK.

Yang lebih menarik lagi, pemilihan kali ini dilaksanakan dengan menggunakan blendded aplikasi secara online Melalui E-vote dan siswa melaksanakan secara langsung sebagai awal pemulihan masa belajar pasca pandemic covid-19. E-vote  menjawab tantangan era digital,sehingga menghindari kekeliruan manusia dalam perhitungan, lebih cepat prosesnya dan tranparan, sekaligus sebagai upaya mencegah rantai penularan Covid-19.  Dalam cuaca yang sejuk suasana pemilihan ketua OSIS dan MPK berjalan tertib dan penuh antusias. Komite pembelajaran dan Koordinator projek P5 memandu kegiatan berkolaborsi dengan panitia pemilihan ketua OSIS MPK SMAN 3 Slawi.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh kepala sekolah SMAN 3 Slawi Bapak Masduki, SPd, M.Pd mendapat respon yang luar biasa dari peserta didik fase E, kelas XI dan XII di SMAN 3 Slawi. Dalam sambutannya Kepala Sekolah berharap kegiatan ini dijadikan sebagai pedoman dalam berdemokrasi dikehidupan nyata nantinya. Peserta didik harus memiliki sikap jujur, bertanggung-jawab, dan menghargai pendapat orang lain sebagai esensi dalam berdemokrasi.

Berdasarkan hasil seleksi administrasi, portofolio dan wawancara pada ,didapatkan keputusan untuk calon kandidat ketua OSIS dan MPK. Nama Calon Ketua MPK: Joshua Septiano Mahardika, Antika Indah Pratisara, Falah Faras Izzati, dan Birul Walidaini Wika . Untuk calon ketua OSIS: Khanif Wicaksono,Rafka Azikri Robbani, Hellen Alfia Kurnia, dan Aulya Sugestiana yang semuanya adalah siswa kelas XI.

Dalam pelaksanaan pemilihan yang dilaksanakan dari jam 08.00 hingga 15.30 WIB didapatkan  hasil pemilihan sebanyak 1909  atau sejumlah 94 % jumlah warga sekolah, suara dari pemilih yang tersebar ke 944 suara untuk ketua OSIS dan 965 suara untuk ketua MPK. Ketua Osis terpilih adalah Khanif Wicaksono dan sebagai ketua MPK Falah Faras Izati.

Editor : Super Admin

Related Posts